Go Green Kitchen! Merupakan ide yang muncul dari pemikiran saya yang masih amatir. Melihat meningkatnya aktifitas di sekitar tempat saya tinggal (Kota Bogor, -red), dari mulai usaha-usaha restoran dari yang kecil sampai besar, banyaknya perumahan juga sekolah membuat saya terpikir membuat sebuah supermarket kecil-kecilan yang sekaligus dapat mengajak masyarakat untuk mulai hidup sehat dan peduli lingkungan.
TARGET WILAYAH
Dilihat dari banyaknya usaha restoran yang menjamur, perumahan, dan sekolah di sekitar daerah tempat saya tinggal, termasuk meningkatnya aktifitas di Kota Bogor. Membuat saya berpikir untuk memanfaatkan peluang 'tersembunyi'. Karena sayang sekali kalau peluang ini tidak dimanfaatkan untuk memulai berwira usaha sambil menyalurkan ilmu yang saya dapat dari kuliah saya. Ditambah lagi Kota Bogor semakin padat membuat saya mantap melakukan usaha ini.
TARGET PELANGGAN
Masyarakat, cafe, dan restoran sekitar merupakan pelanggan yang saya targetkan untuk usaha ini. Karena Go Green Kitchen! dimaksudkan untuk menyediakan keperluan sembako, sayur dan buah, juga peralatan kecil untuk dapur yang mengusung Go Green sebagai hal utama dalam menjalan kan usaha tersebut.
PESAING
Dalam usaha ini, adanya beberapa supermarket franchise yang ternama juga terdapatnya pasar tradisional merupakan pesaing yang cukup tangguh. Namun, diluar itu semua saya yakin Go Green Kitchen! mampu bersaing dan maju karena membuat sensasi juga hal berbeda dalam segi harga, kualitas, dekorasi ruang, dan pelayanan.
KELEBIHAN GO GREEN KITCHEN!
1. Delivery Order
Berawal saya di ajak my lovely mom ke arisan ibu-ibu perumahan dan melihat betapa ribetnya pembantu di rumah tersebut ketika ada bahan masakan yang lupa dibeli
2. Mengajak Masyarakat Untuk Go Green!
Selama ini, alat yang digunakan untuk membawa barang hasil belanja dari pasar atau supermarket adalah plastik. Namun, di Go Green Kitchen! Media pembungkusnya adalah kertas yang tentunya jauh lebih ramah lingkungan.
3. Menyediakan Sembako (Termasuk Beras), Sayur, dan Buah
Barang yang ditawarkan di Go Green Kitchen merupakan barang organik. Mulai dari Buah, Sayur, bahkan untuk bumbu rempah-rempah. Hal ini tentunya juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh.
4. Harga
Ketatnya persaingan tak menyurutkan tekad. Go Green Kitchen! akan memberikan harga sedikit lebih 'miring' di banding supermarket lain.
5. Dekorasi
Interior di buat se- Go Green dan seunik mungkin. Sehingga pelanggan merasa nyaman, betah, dan merasakan sensasi berbeda yang tidak ditemukan di supermarket lain.
6. Cozy Kitchen
Go Green Kitchen! menyediakan tempat khusus dimana pelanggan yang ingin membeli minuman dan makanan organik. Diharapkan Cozy Kitchen dapat membuat pelanggan yang setelah lelah berbelanja bisa relax. Atau juga bisa sebagai sarana hang out.
KEGIATAN PROMO TAMBAHAN
1. Kartu Member
Kartu Member diberikan secara cuma-cuma yang berlaku (ex. 1 tahun) membuat pengunjung terpikir untuk memanfaatkan Kartu Member yang memberi diskon.
Inilah ide yang saya hasilkan dari pemikiran simple. Saya yakin Go Green Kitchen! mampu bersaing dengan supermarket besar dan menghasilkan profit yang memuaskan.
Penulis : NSR
No comments:
Post a Comment